Jumat, 05 Desember 2014

REKONSILIASI DAN PENYATUAN WEST PAPUA DIADAKAN DI PORT VILA, VANUATU 1-4 DESEMBER 2014


Laporkan - Dengan Pacific Media Watch, 4 Desember 2014
Nakamal Chiefs 'di Port Vila, Vanuatu - adegan pertemuan tertutup.


Papua Barat rekonsiliasi dan penyatuan konferensi yang diselenggarakan di Port Vila untuk kelompok separatis yang berbeda dari Papua Barat telah pergi ke mode stealth sebagai delegasi telah membarikade dirinya di Chiefs 'nakamal untuk membicarakan dan membuat rekomendasi untuk jalan ke depan.
Tidak ada anggota dari media lokal atau masyarakat telah diizinkan masuk ke nakamal.
Pembatasan ini merupakan tindakan pencegahan untuk menghindari mata-mata Indonesia menyusup pertemuan.
Berbagai kelompok diwakili dalam pertemuan tertutup di sini untuk mencari alasan umum di mana mereka dapat diizinkan Status anggota ke dalam Melanesian Spearhead Group (MSG), badan regional yang mendukung kepentingan Melanesia.
Indonesia, penjajah Papua Barat saat ini, telah diberikan status "pengamat" di MSG sementara West Papua sejauh ini telah ditolak representasi. Spekulasi utama mengenai hal ini akan disebabkan oleh kenyataan bahwa Papua Barat bukan negara berdaulat sehingga tidak dapat direpresentasikan dalam sebuah organisasi yang dibentuk oleh negara-negara berdaulat Melanesia.
Ada beberapa faksi separatis mengaku memperjuangkan hak Papua Barat untuk menentukan nasib sendiri. Konferensi ini bertujuan untuk membawa faksi ini bersama-sama untuk merumuskan kesamaan di mana mereka dapat pindah ke MSG sebagai anggota penuh-waktu.
Sementara itu, Indonesia telah mengancam untuk memotong semua hubungan diplomatik ke Vanuatu untuk ikut campur dalam urusan internal. Radio Selandia Baru melaporkan bahwa Akting Duta Jakarta ke Vanuatu, Imron Cotan telah mengindikasikan bahwa mungkin ada perang.
"Indonesia siap untuk pergi berperang untuk mempertahankan Papua dalam wilayah kami sehingga kami memang serius tentang Papua. Tidak ada yang saya percaya harus mengambil ringan. Indonesia akan lebih dari siap untuk membekukan apa pun jika kedaulatan kami atas Papua dipertanyakan. Itu pasti tidak masuk di Indonesia. "
Vanuatu, bagaimanapun, bersikeras dengan sikapnya untuk mendukung Papua Barat. Ini selalu menjadi pendukung setia "Free West Papua" gerakan dan telah memperjuangkan penyebab menentukan nasib sendiri selama bertahun-tahun.
Fr Walter Lini, ayah utama bangsa ini terkenal menyatakan bahwa "Vanuatu tidak bebas sampai semua Melanesia gratis."
Hal ini dengan sikap yang Vanuatu tidak akan menyerah pada ancaman di Indonesia, namun akan tetap menjadi pendukung kuat dari Papua Barat. Dukungan ini telah pergi sejauh yang tampaknya "campur tangan" dalam urusan internal Indonesia sehingga suara orang Papua Barat 'dapat didengar di MSG.
Papua Barat didominasi Melanesia. Ketika penjajah Belanda mereka yang tersisa di tahun 1950 hingga 1960, Papua Barat dimasukkan ke Indonesia melalui pemungutan suara dicurangi disebut "Act pilihan bebas" pada tahun 1969. Sejak saat itu, orang Papua Barat telah dihadapi meningkatkan pelanggaran hak asasi manusia.
Pelanggaran ini telah menjadi salah satu alasan mengapa Vanuatu akan selalu mendukung perjuangan Papua Barat 'untuk menentukan nasib sendiri.
Rapat Papua Barat dibarikade, Indonesia Menunjukkan Perang, Vanuatu Adamant awalnya diterbitkan di Papua Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar